Saturday, June 24, 2017

Mudik Lancar Via Jalan Tol Fungsional Batang-Semarang

tayang di ucweb (23/6/2017)

Pengoperasian Jalan Tol Fungsional (JTF) Batang-Semarang, cukup efektif mengurai kemacetan di jalur Pantura, terutama kota Pekalongan dan kab Batang yang tidak memiliki jalan lingkar (ring road). Pengalaman tahun-tahun sebelumnya pada H-4 jalan sudah padat dan pihak kepolisian membuat pembatasan  di As jalan sehingga mengurangi simpangan atau tikungan kendaraan dari warga lokal. Sedang tahun 2017, perlakuan tersebut baru dilakukan pada H-3 pada lokasi tertentu. Jalan pantura Pekalongan-Batang pun cukup bersahabat.

Sementara itu pemudik dari Jakarta arah ke Semarang terlihat lancar melalui JTF paket I jembatan Pasekaran Batang. Sesuai himbauan Kepala Humas PT Jasa Marga Semarang-Batang Iwan Abrianto ,yang dilansir tempo.com (22/6/2017) , agar kendaraan dipacu maksimal 40km / jam. Hal ini dikarenakan sifat darurat jalan tol yang masih berupa beton tipis, pun masih banyak material di sepanjang jalan.


Guna mengurangi debu jalan tol, penyiraman jalan tol oleh sejumlah mobil tangki air dilakukan oleh tim satuan tugas di PT JSB. Penyiraman air dilakukan di lokasi rawan debu. "Secara umum, lalu lintas di ruas itu mengalami peningkatan. Jika Senin lalu lintas di ruas tersebut melintas 800 kendaraan per jam, kemudian meningkat  1.400 kendaraan pada H-4", kata Iwan Abrianto."Kepadatan diprediksi terjadi pada H-2 dan H-1", lanjutnya.

Pengamanan selama mudik Lebaran 2017 memang terasa luar biasa, antisipasi berbagai pihak dilakukan untuk mencegah  hal tidak dinginkan. Polda Jateng mengerahkan 5 helikopter di jalan tol Brebes Timur hingga Gringsing, seperti dilansir Solopos (18/6/2017)

Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono di Kota Semarang, Minggu (18/6/2017), menyebutkan kelima unit helikopter itu bakal ia siagakan selama musim mudik Lebaran 2017 di jalur jalan tol fungsional ruas Brebes Timur hingga Gringsing, Kabupaten Kendal. “Untuk kebutuhan kalau ada evakuasi darurat di ruas tol fungsional,” kata Condro Kirono.

http://tz.ucweb.com/6_1S5tA

No comments:

Post a Comment