Sunday, July 30, 2017

Sajian Bolu Labu Kuning

Welcome Sunday  
Rencana mau menghadiri  Kajian  Ahad Pagi di Masjid sekolah Keenan, apa daya si balita itu susah pisan dibangunkan. Plus emaknya masih pegel lengan dan betis pasca berenang Sabtu pagi. Hiyalah, setelah off hampir dua bulan tidak cipak-cipik mainan air, setelah lewat bulan Syawal baru bisa nyebur lagi. So ngapain libur begini? Jadual kondangan menunggu ! Tapi itu nanti siang, pagi ini mau ekseskusi yellow pumpkin yang sudah  berumur 1 bulan, astaga basi ga ya? Of course ,no!  Soalnya itu pumpkin bulet yang dibeli jaman Ramadhan untuk olahan menu buka puasa, diletakkan di tray kulkas .

Setiap kali searching “resep…….” Pastilah cookpad.com yang nampak di urutan paling atas. Nyatanya saya belum pernah eksekusi resep hasil dari situs tersebut. Menurut saya resep di cookpad seringnya terlalu sederhana, tanpa tips and trik ehehe. Web masak favorite saya adalah milik mbak Endang yaitu www.justtryandtaste.com  alias JTT. Rada susah ya vocabnya, tapi containnya sungguh membantu pemasak pemula  macam saya. Owner nya sendiri juga bukan koki apalagi chef restoran terkenal. Tetaplah  perempuan pekerja dengan beragam kesibukan namun mempunyai hobi masak. Serunya selalu ada tips trik cara mengolah atau memperoleh bahan baku. Saya tebak koleksi buku resepnya pastilah bejibun , bisa dilihat dari aneka ragam makanan dan kue yang dikreasikan. Baik menu khas Indonesia, maupun mancanegara.

Namun untuk resep kue kali ini, saya coba menggunakan resep cookpad postingan Ibu Farin.

BOLU KUKUS LABU KUNING



Bahan-bahan
200 gr labu kuning ; saya hanya pakai 150gram
3 telur ; pas punya stok telur rada banyak
100 gr gula pasir ; pas pakai timbangan
100 ml minyak goreng; saya pakai margarin cair
130 gr tepung beras ; pakai rosebrand
20 gr maizena ; ga punya, jadi full tepung beras 150gr
1 sachet susu kental manis ; yang ini kira-kira pakai SKM kaleng
sedikit garam ; lupa ga pakai
Cara membuat :
  1. Kupas labu kuning, kukus, haluskan pakai garpu atau ulekan.
  2. Panaskan panci kukusan.
  3. Blender cincangan labu dengan , minyak goreng/margarin cair dan susu.
  4. Mixer telur, gula sampai putih, kisaran 5 menit. Matikan mixer, tambahkan jus labu tadi, tepung beras, maizena, garam. Mixer sebentar saja.
  5. Aduk sebentar dengan spatula.
  6. Masukkan adonan ke dalam loyang atau cetakan bolu kukus.
  7. Kukus dengan panci besar 30 menit. Jangan lupa lapisi tutup panci dengan lap, agar uap air tidak menetes dalam adonan.
Resep ini tidak menggunakan soda kue ataupun baking powder. Penggunaan tepung beras dengan harapan mengurangi kadar gluten. Gelembung busa yang banyak pasca telur dan gula dikocok dengan kecepatan tinggi, sudah cukup untuk menggelembungkan kue secara normal, no bantat 

Tarraaaa….matang, yess! Warna kuning alami dari labu kelihatan menarik.


 “Mari makaaaan…!” teriak  Ayah yang baru pulang dari bersepeda di tepian laut Ujungnegoro, Batang.  Lokasi tersebut sudah menjelma menjadi jalam nasional sejak ada pembangunan PLTU

Yuk ah, dicicip :-)



2 comments: