Thursday, July 27, 2017

5 Pilihan Seru Berakhir Pekan

Salah satu muasal peraturan menteri pendidikan yang menyoal gagasan  sekolah fullday adalah  interaksi anak dan orangtua akan  lebih banyak dilakukan kala libur weekend tiba . Saat salah satu atau kedua orang tua bekerja  dengan jadual 5 hari kerja, maka hari Sabtu – Minggu menjadi family time. Tentu tidak melulu harus dengan bepergian keluar kota yang akan membutuhkan bujet banyak.
 Simak ide liburan akhir pekan yang murah meriah :
1.     Memasak Menu Favorit
Jika pada hari biasa keluarga hanya punya kesempatan sarapan bersama, kala akhir pekan bisa menikmati 3 kali waktu makan bersama.
Salahsatu menu yang seru dieksekusi  bersama anggota keluarga adalah ayam/ikan  bakar. Malas kipas-kipas pakai arang ? Sudah tersedia wajan tebal khusus untuk memanggang  sehingga mudah digunakan diatas kompor gas.  Lebih seru lagi jika bahan baku sambal, sebagai pelengkap menu bakaran ,  yaitu cabe dan tomat diperoleh dari hasil
berkebun sendiri . Sedaaap :-)
sumber:etimologist.com

Menurut Ratih, bukan kemewahan hasil makanan yang dicari dalam aktivitas memasak bersama, tetapi kualitas relasi antar anggota keluarga, ungkap Psikolog alumni Universitas Indonesia yang diungkapkan dalam laman antaranews.com (7/4/2015)




2.     Bersepeda
sumber :novazakiya.com
Salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan anak dan orangtua bersama adalah bersepeda. Apalagi jika Anda memiliki anak balita yang sedang aktif bergerak kesana kemari.Tips sederhana sebelum bersepeda adalah rencanakan rute bersepeda dan bawa air mineral secukupnya. Misal  rumah-taman komplek-alun-alun kota-warung bubur ayam- rumah. Bagi Anda yang tinggal di kawasan pantura yang berarti akses jalan ke pantai dekat, bisa bersepeda di sisi laut bersama keluarga. Ongkosnya cukup semangkok bubur ayam dan teh manis. Seperti Kabupaten Batang yang memiliki pantai Sigandu dan pantai  Ujungnegoro yang sudah memiliki akses jalan aspal bagus.


3.    Bersantai di Taman Kota
Dalam tiga tahun terakhir banyak daerah yang gempita membangun taman kota atau arena bermain luar ruangan. Kang Emil menjadikan Bandung memiliki taman kota yang ditujukan untuk semua umur. Seperti taman Jomblo di bawah jalan layang Pasopati Bandung. Sedangkan di salah satu kota dii tepian pantai utara yaitu Batang, Jawa Tengah, ada alun-alun kota tempat pusat kuliner atau menikmati semilir angin di HKR (Hutan Kota Rajawali).
pic:original

4.     Mengunjungi Perpustakaan Daerah
Kabupaten Batang memiliki perpustakaan daerah yang buka di hari Minggu. Koleksi buku semakin banyak. Demikian pula koleksi majalah baik untuk anak maupun dewasa, mulai dari Bobo, Ayahbunda, Tempo, Intisari, Gatra, tabloid Nova dll.  Koneksi wifi lumayan untuk mengakses bacaan di dunia maya. Yang menarik ada satu ruang khusus yang disediakan untuk ruang bermain anak . Didalamnya terdapat aneka mainan edukatif dari kayu maupun alat peraga untuk anak usia prasekolah hingga sekolah dasar. Maka tak heran jika perpusda Batang sudah sejak lama menjadi salah satu dari lima perpustakaan daerah  yang menjadi percontohan untuk program perpuseru di seluruh wilayah Indonesia seperti dilansir suaramerdeka.com (27/3/2017).

5.     Berkebun
sumber:kompasiana
Tidak punya lahan luas tidak berarti tidak bisa berkebun. Karena saat ini banyak metode untuk memiliki aneka tanaman di halaman minimalis. Media tanam bisa menggunakan pot , polybag atau pralon lubang. Aktivitas berkebun bagus untuk melatih motorik kasar anak. Merawat tanaman bisa merangsang kepekaan pada lingkungan. Alih-alih suasana teras menjadi segar  badanpun bugar.

Apapun jenis liburan akhir pekan pilihan keluarga Anda,melihat senyum dan tawa lepas pasangan dan anak-anak sungguh obat mujarab dari segala lelah dan penat dari kerja dan aktivitas rutin. Happy holiday 

No comments:

Post a Comment